6 Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui Agar Tetap Sehat & Bugar

49 views

6 tips puasa untuk ibu menyusui ini penting bagi para ibu yang baru saja melahirkan dan sedang dalam masa menyusui. Sebenarnya ibu menyusui memang tidak disarankan untuk melaksanakan atau menjalankan ibadah puasa, apalagi jika kesehatan ibu dan juga bayinya tidak begitu baik. Tapi ibu dan bayi yang sehat tentu saja dianjurkan untuk ikut berpuasa, lagipula jumlah ASI tidak berpengaruh pada saat seorang ibu menjalani ibadah puasa. Masalah yang sering dihadapi seorang ibu menyusui pada saat berpuasa biasanya ialah dehidrasi. Untuk dapat mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba 6 tips puasa untuk ibu menyusui berikut ini :

Jaga metabolisme

Masalah metabolisme yang selalu menurun adalah masalah yang paling sering ditemui pada saat puasa Ramadhan. Cara untuk menghadapinya adalah dengan selalu mengkonsumsi makanan berserat dengan porsi lebih banyak pada saat sahur ataupun berbuka.

tips puasa untuk ibu menyusui

tips puasa untuk ibu menyusui
(Image: Pinterest.com)

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Memperbanyak asupan buah dan juga sayur sangat disarankan. Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, kedua jenis makanan tersebut cukup kaya akan kandungan berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Konsumsi produk gandum

Tujuan utama dalam mengonsumsi produk gandum ialah agar seorang ibu yang sedang menyusui bayi merasa lebih kenyang pada saat berpuasa. Selain itu, jangan lupa dengan asupan protein dari daging dan juga kacang-kacangan.

HIndari makanan pedas

Hal penting yang harus diingat oleh ibu yang sedang menyusui yaitu menghindari semua jenis makanan pedas dan juga minuman berkafe!n. Kedua jenis makanan ini dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah dan juga mempercepat timbulnya dehidrasi.

Perbanyak mminum air putih

Sebaiknya Anda jangan malas minum air putih yang banyak selama berpuasa untuk dapat menghindari dehidrasi. Apabila diperlukan, minumlah air putih sepanjang malam secara berkala supaya dapat disimpan di dalam tubuh selama Anda berpuasa.

Tambah asupan suplemen

Untuk yang satu ini sebaiknya Anda konsultasikan kepada dokter, apakah kondisi Anda sebagai ibu menyusui harus mengkonsumsi suplemen tambahan atau tidak. Selain asupan suplemen, makanan khas Ramadan seperti buah kurma juga sebaiknya banyak dikonsumsi, karena buah kurma ini mampu memberikan berbagai manfaat yang baik bagi tubuh selama Anda berpuasa.

Demikian 6 tips puasa untuk ibu menyusui. Jika ibu menyusui memang merasa tidak sanggup untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan, mereka jelas Anda tetap harus menggantinya di lain hari atau qadha, sedangkan jika merasa khawatir dengan sang bayi, maka Anda wajib qadha dan juga membayar fidyah.

ibu menyusui perawatan bayi

No related post!