6 Tips Memilih Dokter Spesialis Kandungan Terbaik

115 views

6 tips memilih dokter spesialis kandungan ini sebaiknya mulai Anda fahami sejak memulai program kehamilan. Karena saat hamil nanti, tentu saja Anda ingin mempersiapkan segala sesuatunya dengan yang terbaik untuk buah hati kelak. Mulai dari selalu menjaga pola makan sampai rutin berkonsultasi kepada dokter kandungan yang bagus. Masalah paling utama para ibu hamil, biasanya seputar sulitnya menemukan dokter kandungan yang cocok. Dalam artian, Anda harus merasakan nyaman dan juga percaya pada sang dokter.

Tidak jarang seorang ibu hamil merasa perlu berpindah-pindah rumah sakit ataupun bergonta-ganti dokter kandungan. Padahal bagi wanita hamil sangat penting untuk tetap ‘setia’ pada seorang ahli kandungan, supaya perkembangan janin dan juga kesehatan Anda bisa terpantau baik. Berikut ini 6 tips mencari dokter spesialis kandungan terbaik yang dikutip dari Yahoo Indonesia agar Anda bisa memilih dokter kandungan yang bagus.

dokter Spesialis kandungan terbaik

Memilih dokter spesialis kandungan terbaik (Image: www.npr.org)

  1. Tetapkan kriteria

Setiap orang mempunyai kriteria dan juga pandangan berbeda mengenai dokter yang baik. Karena itu, tetapkan sendiri kriteria Anda. Misalnya saja seseorang punya kriteria dokter kandungan yang bagus ialah yang tidak pelit ilmu, mau memberikan berbagai jawaban secara detail dan terbuka dengan menggunakan metode gentle birth. Bukan dokter yang hanya menjawab asal atau pendek saja ketika berkonsultasi.

Ibu hamil lainnya mungkin punya kriteria berbeda. Misalnya saja ada yang memilih dokter kandungan yang baik, ramah dan dapat dihubungi di luar jam praktek dan juga mau memberikan berbagai saran untuk si ibu.

  1. Jarak tempat praktik

Setelah Anda menetapkan kriteria, Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai jarak tempat praktik dokter tersebut dengan rumah. Jangan sampai karena demi bertemu dengan dokter idaman, Anda rela harus menempuh jarak tempuh berjam-jam. Ini tentu saja kurang baik untuk kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan. Usahakan untuk selalu memilih rumah sakit yang jaraknya dekat dengan rumah, sehingga Anda akan mendapatkan penanganan cepat jika terjadi hal darurat.

  1. Gender dokter

Bagi beberapa ibu hamil, gender dokter kandungan juga akan menjadi pertimbangan serius sebelum berkonsultasi. Alasannya tentu saja terkait kenyamanan si ibu pada saat dokter, yang notabene berbeda gender melihat tubuhnya. Dalam pemilihan yang satu ini, Anda harus berdiskusi dengan suami Anda. Apakah Anda lebih merasa nyaman dengan dokter kandungan laki-laki atau perempuan. Itu tergantung Anda sendiri, karena ada yang beranggapan bahwa gender dokter tidak terlalu penting, asal berkualitas. Ada juga yang berangapan bahwa dokter kandungan wanita itu sering judes dan merasa lebih nyaman berkonsultasi dengan dokter pria.

  1. Latar belakang rumah sakit

Memilih seorang dokter kandungan berdasarkan latar belakang rumah sakitnya itu penting. Misalnya saja ada yang memilih berkonsultasi dengan seorang dokter yang berlatar rumah sakit lawas. Karena menurut keyakinannya, Rumah Sakit sudah berpengalaman hanya akan menyiapkan dokter yang berkompeten.

Fasilitas yang disediakan di rumah sakit juga menjadi pertimbangan. Misalnya saja, tidak semua rumah sakit mempunyai fasilitas USG 4D ataupun water birth. Ada juga rumah sakit yang tidak pro-asi dan juga tidak pro-gentle birth. Hal tersebut kembali lagi kepada kebutuhan dan juga kriteria Anda.

  1. Dokter favorit

Mudah sekali untuk menemukan dokter favorit pada sebuah rumah sakit. Caranya, Anda cukup tanyakan kepada bagian respsionis, dokter kandungan mana saja yang antriannya paling panjang. Sekarang keputusan ada di tangan Anda, apakah rela untuk mengantri berjam-jam dan juga bersaing dengan puluhan wanita hamil lainnya demi bertemu dengan dokter favorit?

  1. Gali informasi di media dan forum online

Ada banyak sekali berbagai forum khusus bagi ibu hamil agar Anda dapat mencari beragam informasi seputar kehamilan. Mulai dari fasilitas rumah sakit, dokter kandungan yang bagus, hingga gejala kelainan pada kandungan. Oleh karena itu, selama Anda mengandung sebaiknya  rajin-rajinlah membaca forum atau web kehamilan dan carilah informasi sebanyak-banyaknya. Lihat juga: 8 Buah Terbaik Bagi Kehamilan & Janin.

Itulah 6 tips mencari dokter Spesialis kandungan terbaik untuk ibu hamil agar dapat menjaga kehamilannya dan melalui proses persalinan dengan lancar, aman dan selamat.

ibu hamil

Related Post