7 Gerakan Senam Ibu Hamil Di Rumah (Video)

75 views

7 gerakan senam ibu hamil dan video panduannya untuk dipraktekkan di rumah ini merupakan salah satu cara alami yang cukup efektif untuk mengurangi rasa sakit saat proses persalinan dan memperlancarnya. Bagi seorang wanita yang sedang hamil, persalinan biasanya menjadi momentum yang cukup membuat stres, terutama yang baru pertama kali.

Sesuai dengan sebutannya, senam yang satu ini memang khusus untuk para ibu hamil & dapat Anda praktekkan dalam waktu-waktu tertentu. Meskipun tidak ada ketentuan standar tentang kapan sebaiknya senam kehamilan ini dilakukan, tapi kalangan medis pada umumnya menekankan agar senam kehamilan ini dilakukan setelah usia kehamilan memasuki usia 22 minggu. Berikut ini 7 gerakan senam ibu hamil yang bisa Anda praktekkan di rumah beserta video panduannya agar lebih memudahkan untuk menirunya.

Image: fitness4two.com

  1. Senam Posisi Tidur

Anda bisa tidur sambil terlentang di atas sebuah alas yang tidak begitu keras, letakkan kedua kaki Anda di atas kursi dengan posisi pinggang yang masih di lantai. Setelah itu angkat bagian pan-tat dengan siku lengan yang dijadikan sebagai tumpuan. Lakukan gerakan seperti ini secara perlahan kurang lebih selama sekitar 1 menit di dalam 8 set latihan.

  1. Senam Posisi Duduk

Dengan mengambil posisi duduk bersila dan bagian badan yang lurus tegap, arahkanlah kedua lengan Anda agar menghadap ke depan. Bisa juga ini dilakukan dengan kaki Anda yang direntangkan selebar mungkin tetapi dengan posisi badan Anda yang tetap tegak. Setelah itu bungkukkan atau condongkan bagian badan Anda ke depan secara lembut dan perlahan sekitar beberapa derajat saja dan kembalikan lagi ke posisi tegak.

  1. Senam Posisi Berdiri

Dengan posisi berdiri, pegang dan angkatlah sebuah barbell seberat 0,5 hingga 1 kg di bagian samping kepala dan kemudian lakukan gerakan dengan cara mengatupkan kedua lengan, kemudian membukanya kembali secara berulang-ulang. Setelah itu angkatlah kedua tangan dengan beban itu ke atas dan kemudian kembali ke samping kepala secara berulang juga. Lakukan gerakan senam kehamilan yang satu ini setidaknya hinga sepuluh kali .

  1. Senam Dengan Jalan Kaki

Rutinitas yang ringan seperti berjalan kaki di waktu pagi hari selama 5 hingga 10 menit termasuk dalam kategori senam karena banyak otot akan bergerak dengan lancar dan memudahkan persalinan.

  1. Senam Posisi Jongkok

Anda dapat jongkok dan usahakan posisi punggung Anda tetap lurus kemudian turun secara perlahan dan naik kembali. Lakukan dengan rutin selama 5-20 detik tiap hari.

  1. Senam Dengan Pinggul Miring

Gerakan senam dengan memiringkan bagian panggul mampu menambah kekuatan pada otot perut dan sekaligus dapat meredakan rasa sakit pada pinggang terutama pada saat memasuki trimester ke 3. Posisi senam hamil merangkak dengan bagian kepala yang sejajar dengan punggung, kepala Anda tengadah ke atas dan sambil menarik nafas serta melepas nafas. Lakukan hal tersebut dengan santai. Berlatihlah beberapa kali sehari secara rutin.

  1. Senam Pose Tailor

Pose tailor seringkali disebut juga sebagai pose kupu-kupu di dalam gerakan yoga. Yaitu dengan cara duduk di lantai & bagian punggung yang lurus pada dinding. Kedua telapak kaki dalam posisi saling menyentuh rapat lalu dorong lutut Anda ke arah bawah sampai menyentuh lantai. Manfaat dari gerakan ini adalah agar dapat melatih bagian otot paha serta menghilangkan stres punggung bagian bawah seorang wanita hamil. Lakukan latihan seperti ini 10 sampai 20 detik dan ulangi beberapa kali dalam sehari. Lihat juga: Ajaib! Begini efeknya Mengajak Ngobrol Bayi Dalam Kandungan.

Jika Anda masih merasa bingung dengan berbagai posisi dan gerakan senam di atas, bisa melihat dengan baik contoh video senam ibu hamil lainnya berikut ini:

Nah cobalah 7 gerakan senam ibu hamil baik dalam tulisan atau video panduan diatas di rumah. Namun yang terbaik tentu saja berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter kandungan tempat Anda memeriksakan kandungan ataupun mengikuti kelas kehamilan atau senam kehamilan yang dipandu oleh trainer yang profesional.

ibu hamil

Related Post