8 Cara Merawat Rambut Wanita Berjilbab

34 views

Bagaimana cara merawat rambut wanita berjilbab? Memiliki rambut yang indah merupakan dambaan bagi setiap muslimah, karena bagaimanapun rambut tentunya sebuah mahkota yang paling sering dibanggakan. Tapi, seringkali wanita mengeluhkan juga tentang perawatan rambut yang kurang tepat, khususnya lagi bagi wanita muslimah yang mengenakan jilbab.

Berbagai cara mungkin telah Kamu lakukan, tapi rambut indah yang menjadi idaman masih saja mengganggu bagi penampilan. Berikut ini 8 cara merawat rambut wanita berjilbab dan sekaligus perawatan kulit kepala tetap sehat untuk wanita berhijab.

cara merawat rambut wanita berjilbab

Cara merawat rambut wanita berjilbab
(Image: pinterest)

Pastikan rambut dalam keadaan kering

Setelah keramas, sebaiknya Kamu tidak langsung memakai jilbab. Kondisi kulit kepala & rambut yang masih basah akan memungkinkan munculnya bau yang tak sedap, ketombe serta gatal-gatal pada kulit kepala Kamu. Bukan hanya itu, rambut yang masih basah cenderung lebih berisiko rontok karena terlalu banyaknya gesekan. Gunakanlah hair dryer untuk dapat mengeringkan rambut jika Kamu dalam kondisi yang terburu-buru. Ini merupakan tips perawatan rambut wanita berhijab yang tidak boleh Kamu abaikan.

Pilihlah jilbab yang menyerap keringat

Tidak dapat dipungkiri, memakai jilbab dapat menjadi penyebab kondisi kulit kepala & rambut jadi berkeringat. Salah satu cara atau trik untuk mengurangi keringat yang berlebih adalah dengan memilih jenis hijab yang bisa menyerap keringat seperti jilbab yang berbahan kaos atau katun.

Pakai jilbab maksimal empat lapis

Apakah Kamu tipikal wanita yang selalu mengikuti tren berjilbab dengan memakai jilbab berlapis-lapis? Sebaiknya Anda tak terlalu banyak memakai jilbab berlapis. Gunakanlah hijab berlapis maksimal 4 lapis saja. Hal ini bertujuan agar memberikan sirkulasi udara kepada rambut supaya tetap seimbang.

Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Mempunyai rambut yang panjang untuk wanita berhijab memang sebaiknya harus diikat agar tidak mengganggu penampilan jilbab & masih dalam koridor syar’i tentunya. Tapi, ada baiknya Kamu tidak terlalu kencang saat mengikatnya dikarenakan ikatan rambut yang terlampau kencang dapat mengakibatkan rambut jadi mudah patah.

Hindari jilbab berwarna gelap

Tips perawatan rambut wanita berhijab berikutnya berkaitan dengan warna hijab. Memakai hijab berwarna gelap saat udara yang panas sebaiknya Kamu hindari. Jilbab yang berwarna gelap lebih cepat dalam menyerap cahaya matahari yang bisa menyebabkan kondisi yang lembab di area kepala & rambut. Sebaiknya pakailah jilbab berwarna putih atau warna terang saat udara sedang panas.

Keramas dengan teratur

Biasakanlah keramas teratur 2 hari sekali dengan memakai shampoo yang tepat bagi jenis rambut Kamu agar hasilnya jadi maksimal. Menjaga kebersihan secara baik mampu memperkecil resiko kerusakanpada  kulit kepala & rambut Anda.

Beri waktu istirahat bagi rambut

Jika tidak sedang memakai jilbab, sebaiknya Kamu mengistirahatkan dulu rambut dengan membiarkannya tanpa ikatan. Berilah kesempatan rambut Kamu untuk dapat bernapas, selain membuat lebih segar, mengistirahatkan rambut juga bisa mengurangi kelembapan pada kulit kepala yang dapat mengakibatkan kerontokan  & munculnya ketombe.

Konsumsilah makanan rendah lemak

Setelah Kamu melakukan perawatan rambut dari luar, sebaiknya Kamu juga melakukan perawatan rambut dari dalam. Makan makanan yang rendah lemak dan juga kaya akan protein, vitamin B-6, vit B-12, dan vit C, serta zat besi  mampu menutrisi rambut Kamu secara alami. Kacang-kacangan, bayam & pisang dapat dijadikan pilihan. Lihat juga: Tafsir Ayat-Ayat Tentang Jilbab.

Itulah 8 cara merawat rambut wanita berjilbab yang bisa Anda lakukan. Dengan tips perawatan rambut wanita berhijab ini semoga saja membuat rambut Kamu makin sehat sehingga akan lebih nyaman dalam menjalankan kewajiban menutup aurat bagi muslimah.

hijab

Related Post